MASA PENCERAHAN METPEN 3

March 29, 2012 Qeeya Aulia 2 Comments

Sore itu, seperti orang bodoh pada umumnya, aku memilih untuk diam terpaku di depan TU. Menunggu seorang rekan yang tadinya akan mengantarkanku pergi ke sebuah stasiun televisi lokal untuk suatu hal. Singkat cerita, entah ada angin apa, kudatang menemui salah satu dosen terfavorit di angkatanku, sebut saja ia, Bapak Cinta. Itu hanya sebutan, kawan. Aku tak mau dan tak sudi melanggar kode etik :)

Tak ada yang istimewa, kuhanya menceritakan apa passion yang kumiliki untuk skripsiku kelak. Aku bercerita tentang betapa rumitnya penelitian ini karena aku hanya diberi perintah "BUAT LATAR BELAKANG!" sedangkan aku tak mengerti sedikitpun bagaimana sebenarnya makhluk yang bernama latar belakang itu :)

Ternyata ada banyak tahapan yang harus kulewati sebelum membuat dan berkenalan dengan makhluk bernama latar belakang itu, kawan. Dan berikut beberapa tahapan yang mencerahkan pikiranku yang buntu itu :

Pertama, berangkatlah dari masalah. Apa itu masalah? masalah hanyalah sebuah kesenjangan antara idealita dan realita. Misalnya, kata seorang pakar motivasi, motivasi berprestasi seseorang akan meningkat bila keinginannya terpenuhi atau diberi reward oleh orang-orang terdekat. Namun di lapangan, kau menemukan bahwa motivasi berprestasi seseorang tak selalu meningkat walaupun keinginan mereka terpenuhi atau walaupun sudah diberi reward. Ini adalah masalah, karena ada kesenjangan antara apa yang dikatakan oleh seorang ahli dengan realita di lapangan. Kau juga sudah mendapatkan independent variabel disini, yaitu motivasi berprestasi (bila kau menggunakan penelitian kuantitatif)

Jika tahap satu kau lalui dengan baik, maka berjalananlah ke tahap selanjutnya. Analisis. Ini yang agak memusingkan, kawan.

Di tahap ini, ada 3 hal yang harus kau perhatikan. Teori, Fakta dan Logika.

Seperti selalu, kau harus membaca literatur yang berkaitan dengan topik penelitian yang kau buat. Cari faktor yang dapat mempengaruhi independent variabel penelitianmu. Cari faktor-faktor yang detail ya, kawan. Karena bila hanya "lingkungan, kepribadian, agama, gender, dkk" kau bisa menebaknya saja tanpa membaca literatur yang ada. 

Setelah itu, buatlah preliminary research alias penelitian awal. Tak usah lebay hingga menyebarkan seratus kuesioner. Cukup lakukan ngobrol singkat kepada 5-10 orang untuk mencari faktor apa yang dapat mempengaruhi IV. pastikan kau bertanya dengan bahasa manusia pada umumnya, bukan bahasa teori yang sulit dipahami oleh orang-orang tersebut.

Selanjutnya, adalah memilih faktor yang kau temukan dari teori dan fakta di lapangan. Ini sangat membutuhkan kemampuan menalar yang baik dari peneliti. 

Misalnya, dari sekian banyak faktor, peneliti merasa faktor "Besarnya kompensasi" sangat berpengaruh terhadap tingginya motivasi berprestasi seseorang. Maka tugasmu ditahap ini selesai sudah. Karena semua alasan teknis yang kau butuhkan sudah terpenuhi. misalnya seperti alasan memilih IV, DV bahkan sampai alasan memilih subjek penelitian.

Tahapan selanjutnya adalah membuat latar belakang penelitian. Dan karena aku belum membuat hingga tahapan ini (bahkan tahapan sebelumnyapun belum) maka tulisan ini dicukupkan sekian saja. Bila ada kesalahan dalam pemahaman, mohon dimaafkan, mungkin kemampuan berpikirku kurang dapat mengimbangi kemampuan menerangkan yang luar biasa dari dosen ter-oke-ku itu.

Semoga bermanfaat, kawan.

You Might Also Like

2 komentar: