Waktu Munculnya Kebaikan

June 05, 2013 Qeeya Aulia 0 Comments




“Anda tidak tahu kebaikan Sultan. Jika anda tahu kebaikan hatinya, maka anda akan menyesal telah mengatakan hal-hal tak baik tentangnya bila saat itu tiba (saat anda mengetahui kebaikan Sultan)” Hasan dalam film Conquest 1453.

Aku sedikit tertegun mendengar kata-kata yang diucapkan Hasan, guru pedang Raja Ottoman ke-IV, Mahmud, kepada gurunya yang juga ahli membuat pedang.

Aku pernah melewatinya. Saat-saat dimana aku benar-benar menyesal karena berkata buruk dan mempercayai hal-hal buruk tentang seseorang setelah Tuhan membuka kebaikan yang ia lakukan saat aku sibuk mengutuk keburukannya yang ternyata hanya asumsiku saja. 

Benar saja kata Nabi kita, katakanlah hal-hal yang baik atau diam. Kadang kita tak tahu betapa orang lain mempercayai kita saat kita tak mempercayainya. Mereka menolong kita saat kita enggan menolong mereka. Mereka memuji kita saat kita mencemooh mereka. Mereka tak seburuk yang kita pikirkan. Ataukah pikiran kita yang cenderung selalu berburuk sangka?

Aih, Tuhan. Kau membuat dunia ini bolak-balik tak mudah diterka. Kau membuat hati manusia penuh kebiasan tiada dua. Kau membuat hanya Kau lah yang benar adanya. 

Tuhan, jadikan kami orang-orang yang tak rela dengan mudah mencemooh orang lain. Amin. 

Kau tahu, tulisan ini adalah pagar yang paling sulit kujaga. Lisan ini… Ah, Tuhan. Jaga kami 

You Might Also Like

0 komentar: