Sunday, April 6, 2014

Jejaring

Banyak kelebatan bayangan yang datang hari ini. Wajah-wajah manusia lengkap dengan kisah-kisah mereka hingga cerita beberapa film yang kutonton akhir-akhir ini. Alhasil, aku begitu produktif menulis hari ini. 

Beberapa waktu lalu aku penasaran dengan film India yang sempat menjadi perbincangan dunia. Slumdog Millionare. Kisah tentang seorang laki-laki bernama Jamal. Ia yatim piatu dan hanya mempunyai kakak yang menjadi anak buah penjahat kelas kakap di India. 

Bukan kisah cintanya dengan Latika ataupun banyaknya  luka yang tergores di hati Jamal yang akan kuceritakan disini. Tapi, tentang kejadian yang terjadi dalam hidupnya yang berkaitan satu sama lain. Hal ini sudah berkali-kali kuulangi. Pertama kali kudengar dari Tere Liye, penulis idolaku. Betapa setiap scene kehidupan kita berkaitan dengan scene selanjutnya. Apakah dampaknya positif ataupun negatif, tak pernah ada yang tahu. 

Disaat yang sama aku mengikuti streaming #MengadiliAnies. 

"Ada yang bertanya, apakah benar Pak Anies tidak pernah pacaran?" tanya Indra Bekti.

Anies tak langsung menjawab. Ia tersenyum dan bercanda sebelum menjawabnya. 

"Untungnya saya tidak memiliki pacar sebelumnya, sehingga saya tidak perlu waswas dan repot saat ini. Bayangkan, berapa banyak yang akan datang jauh-jauh dari Jogja dan mengadili saya disini bila saya pernah berpacaran sebelum menikah?" jawab Anies.

Terdengar lucu dan menggelikan namun sarat makna bagiku.

Benar, tak akan ada sedikitpun tindakan yang tak dimintai pertanggungjawabannya baik di dunia maupun di akhirat. Aku tak pernah tahu bagaimana "jejaring" kehidupanku dengan orang lain. 

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

Powered by Blogger.

Quote

Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)