Tuesday, July 12, 2016

Tambahan

Ingin nambah, artinya yang sudah didapat belum cukup. Entah memang tidak cukup atau tidak merasa cukup. Yang jelas butuh tambahan. Titik. 

Banyaknya keinginan, membuat saya ingin menambah penghasilan. Saya masih bekerja dari jam 8-5 (bahkan beberapa kali melebihi jam kerja), tapi ternyata saya masih bisa sibuk chatting, main media sosial mulai dari FB, IG, Path, dll. Karena satu dan lain hal, rasanya saya perlu menyibukkan diri. Terutama dengan hal-hal yang bisa memberikan income tambahan untuk saya. Menjadi pekerja lepas bukan sesuatu yang baru bagi saya. "Ngamen" psikotes di beberapa sekolah atau instansi pemerintah membuat saya terbiasa bekerja sampai pantat pegal atau mata jereng karena jejeran angka alat tes Pauli. Haha. Selain ngamen psikotes, saya juga ikut-ikutan proyek menulis dari rekan seperjuangan nyari duit saya, Pradita, atau lebih sering disebut Mawar eh Belalang maksudnya. Kenapa Belalang? Karena kacamatanya mirip belalang. Besar. Hahaha. Tenang, saya tidak sedang mem-bully. Dia memanggil saya Capung karena kacamata saya juga besar. Hahaha. 

Kembali ke pekerjaan lepas. Karena bosan tidur pasca lebaran, saya iseng mencari tahu situs penyedia lowongan pekerjaan lepas alias freelance. Dari sekian banyak rekomendasi, sepertinya saya cuma jatuh hati pada 2 situs, yaitu : 

1. Projects.co.id

Situs ini menarik karena cara pakainya mudah dan gratis. Hahaha. Gratis itu kriteria pertama cari kerja sih. Memang kebanyakan pekerjaan lepasnya untuk IT sih, tapi ada kok pekerjaan yang meminta pekerjanya untuk menulis, mendesain poster, dll. Lama-lama saya belajar coding juga ini mah euy. Demi sebongkah berlian. Hahaha. Berikut penampilannya : 



2. Sribulancer.com

Pilihan kedua saya jatuh ke Afgan. Hemeh. Hahaha. Maksudnya ke sribulancer.com. Kenapa saya senang dengan situs ini? karena pekerjaannya banyak yang membuat saya tertarik dan cenderung gak terlalu banyak fiturnya jadi kesannya gak ribet. Entah ini kelebihan atau kekurangan. Hahaha. Berbeda dengan situs yang pertama, situs ini tidak menyediakan fitur chat dengan owner proyek, kecuali jika owner proyek menghubungi pekerja terlebih dahulu. Jadi kalau ada proyek yang kurang jelas, antara menulis pesan dan menawarkan harga dengan sejelas-jelasnya, atau bid now, ask later. Haha. 



Semoga dari sekian banyak proposal kerja yang saya masukkan ada yang lolos, jadi bisa rada sibuk dan bisa dapat penghasilan tambahan. Yuk, cobain atuh biar sama-sama bisa beli sebongkah berlian. Haha. 

Oh iya, satu hal yang saya pelajari dari kejadian hari ini. Keterampilan melakukan sesuatu diluar latar belakang pendidikan (atau mungkin bertolak belakang dengan pendidikan yang ditempuh) bisa menghasilkan juga. Makanya, jangan banyakin jajan, banyakin kursus aja sekarang mah. Demi sebongkah berlian! #kekeuh

Bandung, 12 Juli 2016

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

Powered by Blogger.

Quote

Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)