Dari Manusia

August 18, 2016 Qeeya Aulia 0 Comments

Kau tahu apa yang paling mengesalkan dari manusia? Pikirannya sendiri. Ia sibuk menduga-duga padahal seringkali kejadian nyata jauh dari dugaannya sebelumnya. Seringkali ia alpa bahwa dugaannya hanya membuat hatinya gundah gulana. Membuatnya hidupnya tak lebih baik dari sebelumnya. 

Kau tahu apa yang paling membingungkan dari manusia? Perasaannya sendiri. Ia sibuk berkutat dengan perasaannya. Padahal ia sadar perasaan seperti gradasi warna yang bergerak dari warna terpekat menuju warna termuda. Bergerak dari sangat terasa hingga tak terasa sama sekali. Sibuk berjibaku meyakinkan dirinya sendiri dengan perasaan yang sebenarnya ia sudah tentukan diawal, dan mungkin bisa berubah hanya karena satu dua kejadian.

Kau tahu apa yang paling menyedihkan dari manusia? Keraguannya pada diri sendiri. Membuat manusia hidup segan mati tak mau. Membuat manusia mundur selangkah dibandingkan macan tutul pincang yang berani menerkam cheetah di daratan Afrika sana. Membuat kemampuannya terkikis sedikit demi sedikit karena dirinya sendiri. 

Kau tahu apa yang paling mudah terlupa dari ingatan manusia? Janji-janjinya sendiri. Suatu waktu mengatakan dengan lugas dan pasti bahwa ia akan melakukan begitu begini. Kemudian waktu berlalu dan janji hanyalah ungkapan kata yang tak bisa digenggam lagi. Ia lupa karena tertumpuk memori lain yang bisa jadi terasa lebih penting. 

Kau tahu apa yang menyenangkan dari manusia? Senyumannya sendiri. Ia sadar bahwa tersenyum membuat dirinya lebih baik lagi, namun jarang ia tersenyum pada dirinya sendiri. Bahkan ia sering tak sadar bahwa senyumnya menjadi sumber senyuman orang  lain. Ia sering lupa bahwa tersenyum hanya membutuhkan usaha sedikit saja. Ia sering abai pada senyumannya yang tak jarang ditunggu oleh orang lain kemunculannya. 

Kau tahu apa yang paling menarik dari manusia? Semangat hidupnya. Mungkin terkadang hal ini muncul tenggelam, tapi ketika muncul bisa membuat bidadari mabuk kepayang. Semangat hidup manusia membuatnya berbeda dari makhluk lainnya. Membuat hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Membuat pagi lebih cerah daripada malam. Membuat malam lebih syahdu daripada waktu lainnya.

Kau tahu apa yang paling mengagumkan dari manusia? Harapannya. Walau banyak manusia putus harapan, tapi tetap harapan menjadi salah satu titik terang yang membuat manusia begitu mengagumkan. Hanya karena memiliki harapan, hidup manusia bisa berubah 180 derajat dari sebelumnya. Yang jelas, harapan yang mengagumkan bukan harapan yang hanya harapan saja, tetapi yang diselaraskan dengan upaya pemenuhan harapan.

Kau tahu apa yang seringkali membuat manusia kesulitan dalam hidupnya? Berinteraksi dengan sesama manusia. Karena menghadapi manusia adalah kesulitan tingkat tinggi yang pernah ada.


Curug Candung, 18 Agustus 2016

You Might Also Like

0 komentar: