Saturday, October 28, 2017

Unusefull Questions


Pertanyaan yang tidak berguna. Hasek. Apa coba contohnya?

Bukan, bukan pertanyaan 'kapan nikah?' atau 'kapan mati?' tapi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan katanya tidak berguna. Contohnya:

"Apakah kamu sudah menikah?"

"Apa orientasi seksualmu?"

"Berapa umurmu?"

Dan sebagainya.

Jadi ceritanya saya lagi ikutan kursus MSDM disini. Kebetulan masuk ke topik Rekrutmen di Zaman Now yang salah satu bahasannya adalah keterikatan proses rekrutmen dan seleksi yang cukup sarat dengan hal-hal yang bersisian dengan hukum. Di beberapa negara, pertanyaan yang terkait status perkawinan, umur, kewarganegaraan, etnis, bahkan umur adalah rahasia dan tidak boleh ditanyakan kepada orang lain termasuk di dalam proses seleksi. Bahkan menyebutkan gender dalam iklan lowongan pekerjaanpun tidak boleh dilakukan.



Suatu hari, pabrik saya pernah membutuhkan tenaga operator dan user meminta untuk hanya memproses kandidat non-muslim saja. Kenapa? karena posisi ini nantinya akan bertugas saat Shalat Jumat. Dengan bodoh dan sok diplomatisnya saya posting lowongan dengan menyebutkan kriteria tersebut sambil menyebutkan alasan kenapa kriteria yang terdengar rasis tersebut disebutkan. Sialnya, tidak semua orang suka membaca lowongan dengan lengkap dan banyak lagi yang memaki saya karena penyebutan kriteria tersebut.

Tapi percaya atau tidak, karena iklan itu, posisi kosong tersebut cepat terisi. Efektif, tapi beresiko dan bisa saja mencemarkan nama baik perusahaan.

Di lain hari, saya ikut training Behavior Based Interview dimana proses wawancara dan pertanyaan wawancara HANYA menanyakan tingkah laku kandidat, bukan cerita tambahan dibelakangnya. Jadi, pertanyaan tentang status pernikahan, umur, orientasi seksual dan hobi tidak masuk kedalam list pertanyaan. Saya sangat setuju dengan hal ini, tapi agak bergeser karena suatu hal. Kandidat saya memutuskan untuk membatalkan aplikasinya karena istrinya tidak mau tinggal di beda kota. Wow. Saya baru tahu karena saya tidak bertanya dan tidak mengantisipasinya.

Terkadang, pertanyaan tidak berguna memang benar-benar tidak berguna. Tapi untuk beberapa kasus, biasanya pertanyaan tidak berguna bisa membantu untuk memberikan data atau sekedar menjadi bahan basa-basi sebelum proses wawancara lebih detail dilakukan. Jadi, menurut saya pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa ditanyakan DENGAN SYARAT ada tujuan dibaliknya.

Bandung, 28 Oktober 2017
Salam sumpah pemuda !

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

Powered by Blogger.

Quote

Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)