Friday, August 20, 2010

MAKA, NIKMAT YANG MANAKAH YANG AKAN KAU DUSTAKAN?


Alhamdulillahirabbil’alamiin….
Segala puja dan puji syukur hanya pada-Mu Tuhan semesta alam.
Sebenarnya saya bingung mau mulai dari mana. Tapi sejak tadi pagi apa yang saya tulis disini selalu membayang-bayangi pikiran saya.
Dulu saya pernah bertanya-tanya dalam hati, kenapa kiblat dan ka’bah harus ada di Mekkah? Negeri yang nun jauh disana. Coba kalau di Indonesia, wah…saya sekeluarga bisa naik haji setiap tahun n_n
Tapi 3 atau 2 hari yang lalu pertanyaan ini terjawab. Ternyata hanya Mekkah lah satu-satunya tempat yang tidak terganggu dan terpengaruhi oleh kutub atau magnet manapun. Jadi, Mekkah adalah satu-satunya tempat dengan kondisi terstabil di dunia! Bahkan, mungkin Greenwich bisa dilengserkan dari jabatannya.
Dulu saya pernah bertanya-tanya dalam hati, mengapa wudhu disunnahkan melakukan tiga kali pembasuhan setiap anggota badan yang dibasuh?
Ternyata maksud disunnahkannya tiga kali pembasuhan itu adalah agar kita dapat menghemat air, dengan kata lain setiap basuhan kita diutamakan air tidak terlalu banyak yang terbuang atau pastikan bahwa air yang dipakai semuanya terpakai. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Jadi, lebih baik sedikit demi sedikit dibasuh tapi semua anggota tubuh (pada saat wudhu) terbasuh, daripada sekali basuhan dengan banyak air tapi masih ada yang belum terbasuh.
Beberapa minggu yang lalu, ada kabar hujan darah di India dan hujan kodok di Jepang. Apa mungkin? Saya kembali bertanya-tanya. Dan jawabannya muncul dua hari yang lalu. Setelah solat tarawih, seperti biasa saya tadarusan di ruang tamu.
Entah kebetulan atau apa, saya sampai pada ayat yang menjelaskan bahwa dulu pernah ada suatu kaum yang diserang berbagai wabah penyakit. Mulai dari wabah kutu, darah dan kodok. Karena mereka tidak mau beriman pada Allah.
Subhanallah….Allah memang Maha Mendengar. Satu demi satu pertanyaan saya terjawab meskipun bukan dalam kurun waktu yang sebentar. Tapi mungkin sekarang adalah waktu terbaik untuk saya menerima jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Sebenarnya masih banyak pertanyaan yang selalu membuat kalimat “kenapa begini begitu” muncul bergantian di hati. Tapi saya yakin suatu hari semuanya pasti akan terjawab entah itu tersirat ataupun tersurat. ^^

NikmatNya yang manakah yang kan kau dustakan
Bila engkau hidup dengan izin Nya
NikmatNya yang manakah yang kan kau dustakan
Bila engkau hidup dengan udara Nya….

Ciparay, 20 Agustus 2010

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

Powered by Blogger.

Quote

Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)