Thursday, April 23, 2020

Spoiler : Reply 1988


Reply 1988 (Hangul응답하라 1988RREungdabhara 1988) adalah serial televisi Korea Selatan tahun 2015 yang dibintangi oleh Lee HyeriPark Bo-gumRyu Jun-yeolGo Kyung-pyo, dan Lee Dong-hwi.[1][2] Drama ini adalah drama yang menghangatkan hati yang berlatar belakang pada tahun 1988, tentang lima keluarga yang hidup di lingkungan yang sama di Distrik DobongSeoul Utara.[3] Menurut sutradara Shin Won-ho, tema "suami misteri" lainnya termasuk, seperti pendahulu-pendahulunya Reply 1997 dan Reply 1994.[4] Three Families Under One Roof, yang diputar dari tahun 1986 hingga 1994 di MBC, menginspirasi drama ini.[5]

Itulah kurang lebih kutipan dari Wikipedia tentang serial drama Korea Selatan berjudul Reply 1988. Drama tentang kehidupan 5 keluarga di Ssangmundong, Seoul, Korea Selatan.  Dari 5 keluarga itu, ada 5 orang anak yang menjadi sahabat dari kecil hingga dewasa. Tapi drama ini bercerita kehidupan mereka saat SMA kelas 2 di tahun 1988. Film diawali dengan penjelasan 5 orang pemeran utama yang saling bersahabat dan tempat mereka tinggal. Mereka itu adalah Deok Soon, Choi Taek, Jung Hwan, Sun Woo, dan Dong Ryong.

Saat itu, di Korea Selatan pendidikan menengah pertama dan menengah atas (SMP & SMA) dipisahkan antara sekolah laki-laki dan perempuan. Di episode-episode awal banyak menceritakan tentang aktivitas sehari-hari mereka di rumah maupun di sekolah masing-masing. Selayaknya remaja pada umumnya, Jung Hwan, Sun Woo dan Dong Ryong bermain sepak bola, bolos untuk nonton film di bioskop dan kenakalan ala remaja lainnya. Sedangkan Deok Soon diceritakan sebagai anak gadis yang bodoh dan malas belajar. 

Ketika mereka berada di rumah, mereka selalu berkumpul di kamar Choi Taek, seorang pemain Go muda yang terkenal. Di mata mereka, kamar Taek adalah basecamp ternyaman dan teraman karena ayah Taek tidak pernah usil masuk ke kamarnya dan cenderung tidak pernah marah-marah seperti kebanyakan orang tua yang ada di drama ini. 

Durasi setiap episodenya cenderung panjang: 1 jam 30 menit dan ada 20 episode. Mabok kan nontonnya wkwkwk. 

Pada setiap episode selalu ada yang berbeda. Di Episode 1, cerita yang diangkat adalah cerita dimana Deok Soon selalu disisihkan karena ia anak perempuan kedua di keluarga. Kakaknya Sung Bo Ra adalah gadis yang sangat pintar dan bisa diandalkan. Adiknya, Sung No Eul adalah satu-satunya anak lelaki di keluarga. Deok Soon tidak pernah ingin ulang tahunnya dirayakan bersamaan dengan ulang tahun Bo Ra, tapi orang tuanya tidak punya cukup uang untuk merayakan ulang tahun mereka berdua secara terpisah. 

Reply 1988

Dalam satu episode, cerita lucu, menegangkan, mengesalkan dan membuat haru selalu jadi satu. Bila di drama lain kita sudah tahu apa yang akan terjadi di 15 menit terakhir sebuah episode, di drama ini tidak demikian. Selalu ada yang bisa berubah, tiba-tiba muncul atau menghilang dalam setiap episodenya. Di drama ini, semua orang disana sepertinya menjadi tokoh utama karena kisah hidup mereka diceritakan dengan perlahan satu persatu.

Seperti drama seri Reply lainnya, di Reply 1988 juga kita akan menebak-nebak siapakah suami sang pemeran utama wanita. Dalam seri Reply 1988, kita harus mencocokkan ciri-ciri suami Deok Soon dengan ciri-ciri yang muncul sedikit demi sedikit dalam setiap episode. 

Jika saya diminta untuk merekomendasikan drama KorSel oleh teman, saya akan merekomendasikan Reply 1988 untuk ditonton. Walaupun pilihan suami saya untuk Deok Soon meleset, tapi saya dan suami tetap baper nonton seri drama Reply 1988. Dari 1-10, saya beri nilai 9.5!


0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

Powered by Blogger.

Quote

Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu (Andrea Hirata)